jump to navigation

Kartu Kredit ? Menyenangkan kok .. June 28, 2007

Posted by Peter Hermawan in Financial Planning.
trackback

Sama seperti pisau, kartu kredit juga mempunyai cara bekerja yang sama. Dia bisa membunuhmu atau bahkan menolongmu. Banyak saya baca blog, orang di milis ataupun rekan saya yang mengeluh mengenai tagihan kartu kredit. Menjerumuskan, lintah darat modern, tidak Islami (saya seorang muslim, tapi saya kurang suka sebuah permasalah sepele menjadi masalah agama), tidak mendidik dan sebagainya.

Jadi saya pro-kartu kredit ?

Lihat dari kacamata seperti ini,
Saya mempunyai 3 buah kartu kredit. Satu buah kartu kredit HSBC, BCA dan ANZ Cicilan. Kita bahas karakteristik setiap kartu kredit.

-HSBC Gold : Kartu kredit milik saya ini mempunyai limit paling besar. Hampir sama dengan DP rumah tipe 70. Iuran tahunan 250rb. Kenapa saya pertahankan ? SafetyNet ala saya !
Saya mempunyai sebuah account yang bisa digunakan disaat saya butuhkan. Jika saya hanya mengandalkan sebuah ATM dan Deposito, apa yang terjadi bisa diakhir minggu saya mebutuhkan dana yang lumayan besar yang seharusnya dana itu ada di deposito? Gunakan ATM ? Terus terang saya adalah orang yang ceroboh, sehingga menaruh uang lumayan besar di ATM merupakan tindakan bodoh bagi saya pribadi. Deposito ? Saya bukan user Prioritas yang bisa gedor bank di weekend. Hehehehe … Cara mudah ? Bikin kartu kredit dengan limit sebesar mungkin dan dengan iuran sekecil mungkin.

-BCA Gold : Bank Capek Antri, card satu ini untuk bayar-bayar rekening henpon, inet, dan lainnya. Dan juga untuk pembelanjaan keluarga, baik yang bulanan maupun yang dadakan alias konsumtif. Dengan pakai card ini cara pembayaran menggunakan klikbca, tidak dikenakan biaya (HSBC dan ANZ jika pembayaran menggunakan BCA dikenakan biaya 7500, bayangkan bila tagihan anda hanya 45rb dan itupun dikenakan biaya materai lunas 3rb). Promonya lumayan banyak, buy 1 get 1, diskon dan sebagainya. Betenya … kalo sudah punya kartu ini biasanya sering ditelpon oleh agency kartu kredit dari bank lain.

- ANZ Cicilan : Kartu yang bisa membikin kita tambah terjerumus dengan lilitan cicilan tapi juga membuat kita bertindak cerdas. Dengan cicilan 0% selama 3 bulan, kita tinggal menelpon Card Center dari ANZ untuk menjadikan transaksi yang kita inginkan menjadi cicilan 3 bulan tanpa bunga. Yang menarik dari kartu ini adalah, dimanapun transaksi anda, dapat anda ubah menjadi cicilan tanpa bunga. Berbeda dengan kartu kredit dari bank lain yang hanya memberikan cicilan dengan bunga 0% pada vendor yang mereka tunjuk. Dan biasanya pun, harganya sudah terpaut jauh dari harga jual normal. Trik menggunakan kartu ini, misal anda ingin membeli sebuah Handphone dengan harga standard 2jt rupiah. Silahkan keliling dahulu, tawar sana sini sampai selisih (baca : lebih murah), sebisa mungkin, 50rb. Kenapa ? Karena setiap transaksi yang digunakan untuk pembelian barang elektronik dikenakan biaya 2,5% dari nilai yang ditagihkan. Jadi 2jt x 2,5% adalah 50rb. Jika memang tidak dapat menemukan harga yang lebih rendah dari 2jt, anggap saja 2,5% itu adalah bunga dari cicilan 3 bulan anda. Sehingga bunga cicilan anda bukan lagi 0%, tetapi 0,84% perbulan. Lebih rendah dari bunga cicilan produk konsumtif manapun.

Itu baru dari segi kelebihan masing-masing kartu kredit, kalau mau lebih mantap lagi gunakan trik dengan membedakan tanggal tagihan yang berbeda. Satu awal bulan, satu tengah bulan dan satu lagi akhir bulan. Mengapa ?

Agar anda tidak kaget dalam membayar tagihan anda. Tetapi jangan terlena dangan cara satu ini. Bisa-bisa kalau anda tidak cerdik, anda malah kebobolan. Karena tenggang yang lumayan membuat gaji anda yang semestinya digunakan untuk membayar tagihan kartu kredit tengah bulan sudah habis untuk “jalan-jalan”

Lalu apakah saya tidak pernah terpuruk dalam kartu kredit ? SERING ! Yang paling sering adalah karena TEMAN. Teman yang hobi pinjam kartu kredit saya dengan alasan ada promo bagus, dan akan dibayar waktu jatuh tempo yang akhirnya jadi kredit macet.

Kesimpulan akhirnya adalah, kartu kredit adalah seperti sebuah pisau. Gunakan dengan asal, maka akan menyakiti kita sendiri. Gunakan dengan bijak, pisau itu akan membantu anda membuat ayam goreng saus inggris paling nikmat yang pernah anda makan. Slurrrppp ….

Cari kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan anda. Lihat fasilitas yang ditawarkan, karena ketika anda membayar biaya tahunan, berarti anda membayar jasa pelayanan dari kartu kredit tersebut.

Dan yang terakhir, biasakan bahwa apa yang anda beli menggunakan kartu kredit adalah barang yang anda butuhkan. Ataupun jika merupakan barang konsumtif, pastikan anda MAMPU membayarnya.

Jadi kalau anda orang yang sering sambat (baca : mengeluh) mengenai kartu kredit … sepertinya anda harus belajar kepada koki masakan yang lebih pintar menggunakan pisau.

Satu lagi, saya bukan koki …. hehehehe …

Bagaimana dengan anda ?

Comments»

1. Q - June 30, 2007

Pet, aku nunut jadi kartu tambahanmu ya *ngibrit*
Anyway, selain safety net, kartu kredit juga bisa dipake karena programnya yang menarik.
Misalnya, kartu kredit BCA dipake nonton di 21, setaun udah balik modal kok iurannya.

2. Alkaizer - July 10, 2007

Merangkap jadi sales kartu kredit ya !!!
eh.. pinjem HSBC-nya donk, buat dp rumah tipe 70

3. Peter Hermawan - July 20, 2007

Gpp, bunga 3,5% perbulan yak ?

4. helmy - August 16, 2007

gimana sih cara bikin kartu kredit,katanya biayanya mahal???

5. Didin - October 21, 2007

I Hate BCA!!!

own CB but never used it .. kecuali kepepet

hmmm … HSBC? apply lewat SMS 2 bulan lalu blon ditelpon2 sampe sekarang …. barusan coba apply lagi!

ANZ? hmmmmm linknya mana? maklum rada gaptek urusan CC

Standard Chartered Bank … di janjiin aplikasi sampe minggu depan

BRI? ehehhh …. katenye bunga murah? ada yang pernah coba?

6. jhoni - November 15, 2007

betull tuh, kalau lagi sadar makainya sih nggak apa… nolong banget.
tapi kalau hura hura jangan deh bisa nggorok leher luh!!!!

7. gugi - January 5, 2008

wah serruuuu nihh…..

bikin cc itu katanya syaratnya harus punya penghasilan besar yah?

berapa sih…. ada yang gratis ga yahhh?

soalnya aku kepengen banget tapi aku cuman pedagang anggur mas heheheheh

8. ilhamms - January 14, 2008

suku bunga kartu kredit bca sekarang berapa yaa.

9. dian - June 13, 2008

thanks ya atas informasi positifnya,saya seorang marketing kredit,walapun saya ga berharap untuk jalanin profesi ini sekarang,karena waktu yang flexible menjadi marketing,maka profesi ini saya ambil.tapi saya juga ga mau merasa bersalah sama orang-orang yang telah terjebak sama kartu kredit,karena saya tau itu sangat merugikan yang bisa buat hiduo ga nyaman.maka saya memasarkan kartu kredit dengan membantu mereka mencari cara biar ga terjebak.thanks info nya ya

10. dian - June 13, 2008

boleh ya sekalian numpang iklan,kalau ada yang mau buat kartu kredit dan info2 nya e-mail saya ya…….

11. riris - July 7, 2008

mau info kartu kredit yang bisa didapat tanpa ada jaminan…email ke saya aja…cz aq kerja di salah satu bank yang nyediain itu…

12. riris - July 7, 2008
13. lilis - July 11, 2008

tul de buat aku CC emang bikin seneng kadang juga bikin “seneb” hheheheh aku pakek citibank sama HSBC…

14. CC - August 4, 2008

Mau krt kredit citibank dg gratis iuran tahunan untuk tahun pertama?Syarat Foto Kopi KTP Saja..kalau ada kartu kredit lain bisa di lampirkan..Ingin mendapatkan formulir? email faizal_139@yahoo.com
Gratis Iuran Tahunan untuk tahun Pertama erakhir November 2008
So..buruan temen-temen

15. Skywalker - September 1, 2008

BRI bunga murah hanya 2.2% iuran tahun pertama free. Selanjutnya 90rb. Cara dapetinnya? Aku tadi baca di sini lagi promo kali ampe dia bilang bisa daftar via formulir print2an.
Salam

16. Daynee - September 10, 2008

Maw bikin kartu kredit nih…..
ada nggak yang bisa bantuin kasih info ke dlightz@gmail.com

17. fery - December 13, 2008

saya mau buat kartu kredit kira² kamu bisa bantu saya gak?

18. dino - February 14, 2009

makasih infonya, ak Marketing Kartu Cicilan ANZ Semarang, silakan klo maw apply (he…he… Promosi). 3 Bulan 0% selamanya, untuk 6 Bulan 0,88%; 12 bulan 0,99%. untuk 6 dan 12 bulan sampai 31 Maret 2009 (biasanya diperpanjang). belanja dmana aja bisa diubah menjadi cicilan tetap.

19. trieand - February 19, 2009

aq se7 ma kamu pet, pake cc hsbc enak banget, poinnya murah bisa buat bayar annual fee n yang pasti kalo pas lupa bayar tag full kena bunga tp bisa dinego, kl kata org hsbc lintah darat modern ya ganti ancam aja mo diputus ntar bunganya jg dihapus, kl dah mau bayar iuran n poin gak cukup buat bayar putus aja pasti ntar ann fee didiscount 75 %, ini tips yg dah aq lakuin slm 7 th, pokoke i luv hsbc, limitnya itu yg bank lain gak bisa nandingi, semakin digesek makin tinggi limitnya n gak pernah ngadat

20. yazid zabidi - March 2, 2009

bagi yang ingin memulai atau menambah kartu kredit. hub via email yazid_habibie@yahoo.com tersedia credit card anz, niaga dan bii. terima kasih

21. lavigne - March 7, 2009

waahh…
kira-kira CC yg enak yg mana yach ????
mau donggg infonya

22. adi - March 8, 2009

Ada yg bisa kasih promo kartu cicilan anz free iuran tahun pertama ga? Kalo ada email ke adi_gunawan1@yahoo.com ya. Ditunggu.

23. Sugih - March 30, 2009

Saya pengguna kartu cicilan ANZ, dan ada yang aneh dengan CS ANZ.
pertama kali saya menggunakan kartu tersebut, dan menggunakan fasilitas cicilan.
di promosi di katakan bahwa untuk cicilan 3 bulan tidak akan terkena bunga, alias 0%,

tapi setelah di komfirmasi, ternyata terdapat bunga, dan CSnya dengan santai mengatakan bahwa ada Bunga-berbunga yang di kenakan…

Mana bukti dari 0%….adanya adalah 0%, dengan bunga-berbunga, alias bunga tetap ada, dan dikenakan bunga kembali untuk cicilan per bulan….

Padahal promo 3 bulan 0% sampai 31 Maret..dan penggunaan kartu itu baru pada tanggal 24 Maret..

Jangan sampai tertipu seperti saya…

24. Fajar b - May 18, 2009

Da yg bsa kash tw cara bikin kartu kredit di BRI g?kl bsa emailin ke fajar.budiharto@yahoo.co.id
secepatnya yach,thanks

25. Andrio - February 14, 2010

Salam hormat dan Salam kenal

Saya mau bertanya, kartu kredit apakah yang boleh melakukan tarik tunai sebesar Rp.5.000.000 – Rp.10.000.000 dengan cicilan Rp.250.000 perbulan sudah termasuk bunga

Setiap 6 bulan sekali saya juga dapat membayar cicilan Rp.1.000.000

Tolong Informasi dari Bapak/Ibu dan teman-teman

Tolong kirim kan ke e-mail saya : wallet_y@yahoo.com

Terima kasih

26. Kariel - August 18, 2010

Ass. saya ingin membuat CC, tp gak ngerti caranya gimana? apa yang harus saya lakukan pertama kali?

27. desty - February 7, 2012

Kalau mau apply kartu kredit ocbc nisp :
Solid Titanium maupun liquid platinum, silahkan sms ke 08111 082 495

28. renzi - February 13, 2012

@sugih itu paling sampean telat bayar.. jadi kena bunga berbunga.. yang perlu diperhatikan banyak orang pake kartu kredit tapi nggak disiplin membayar, setelah giliran tercekik karena kartu kredit akhirnya sambatan..

29. tuaniwan - August 5, 2012

untuk pengajuan kartu kredit dari BNI silahkan khusus di jakarta dan persyaratan yang lengkap.Ambil kesempatan dari fasilitas dan promosinya sebagai referensi tujuan anda.hub iwan 087883003311 jaksel

30. kutcher - September 14, 2012

minjem kartu kreditnya donk
mu nyicil ps3 nih :D

31. joko triyono - June 6, 2013

Kalau misal y tdk di gunakan sama sekali kena pajak gak

32. bethonk - June 17, 2013

mo dunk buat cc yg gak ribet,secara wa gak ada slip gaji/skp walau income cukup.tnx

33. septiyo - November 25, 2014

Kalau saya punya 2 Gan, satu dari StandChart Platinum, satu lagi dari Mandiri Gold.

Sebenarnya lebih Prefer menggunakan yg stanchart namun iuran tahunannnya itu lo gan, Gede juga. Gimana ya triknya biar gak kena iuran tahunan:?


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

